Membuat Program Sederhana Dengan C++ (Hello World)

Berikut ini adalah contoh program sederhana ("hello world") dengan menggunakan C++. Tutorial ini ditujukan kepada semua orang yang masih awam dan baru memulai berlajar menggunakan bahasa pemrograman C++. Sebelum memulai program ini pastikan compiler dari C++ sudah terinstal di komputer anda. Dalam percobaan ini saya menggunakan compiler dari Borland, yaitu Borland C++ Versi 5.02

Untuk langkah pertama bukallah program C++ dengan mengklik tombol Start->All Program->Borland C++ 5.02->Borland C++ yang sudah terinstal di komputer Anda. Setelah itu akan ditampilkan area kerja C++. Untuk penjelasan dari interface/tampilan Borland C++ ini tidak saya sertakan, karena hampir sama dengan program-program yang lainnya.

Sekarang kita mulai untuk program yang pertama. Pada program pertama ini kita akan membuat progrm yang sangat sederhana, yaitu menampilkan pesan "Hello World.." di layar. Pada area kerja anda ketikkanlah program di bawah ini.


#include "iostream.h"
#include "conio.h"

void main(){
 clrscr();
  cout<<"Hello World...";
 getch();
}


Pastikan penulisannya sama seperti yang di tampilkan pada kode progrm di atas dan perhatikan juga pemakaian huruf kecil dan huruf besar. Ingat C++ bersifat sensitive case, yaiut penggunaan huruf kecil dan huruf besar berbeda.

Setelah semuanya diketik dengan benar, simpanlah terlebih dahulu program anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan nama "ProgramPertamaKu.cpp" atau dengan nama apa saja sesuai dengan keinginan anda. Sebaiknya untuk setiap program yang dibuat, letakkan pada satu Folder tersendiri, karena setelah program ini di kompilasi, maka akan tercipta banyak file oleh compilernya.

Setelah disimpan selanjutnya adalah meng-compile program anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menerjemahkan program yang anda buat ke dalam bahasa mesin, selain itu juga kita bisa melihat kesalahan-kesalahan pengetikan program yang kita buat, karena pada saat mengkompilasi, compiller juga akan mengecek kode program yang kita buat apakah sudah benar atau tidak. Caranya adalah klik menu Project->Compile atau bisa dengan cara menekan tombol Alt+F9 pada keyboard.

Setelah dinyatakan success pada saat kompilasi, sekarang tinggal dijalankan saja dengan memilih menu Debug->Run atau tekan tombol Ctrl + F9 pada keyboard. Jikamasih dinyatakan terdapat kesalahan, periksalah kembali penulisan kode programnya. Pastikan sudah sama dan perhatikan pemakaian huruf kecil dan huruf besarnya.

Selamat Mencoba...

No comments: