Identifier danTipe Data di C++

Identifer
Aturan pemberian nama suatu pengenal/identifier :
  1. Nama pengenal harus dimulai dengan karakter berupa huruf (a…z, A…Z) atau karakter garis bawah ( _ )
  2. Karakter berikutnya dapat berupa huruf, angka (0...9) atau karakter garis bawah ( _ )
  3. Tidak boleh sama denga reserverd word (nama – nama yang sudah digunakan dalam bahasa C++) seperti char, int, float, double, void, dll.
  4. Panjang karakter maksimum adalah 32 karakter
  5. Bersifat case sensitive (huruf besar dan huruf kecil dibedakan)
Pada C++ yang reserved word adalah:

asm, auto, bool, break, case, catch, char, class, const, const_cast, continue, default, delete, do, double, dynamic_cast, else, enum, explicit, export, extern, false, float, for, friend, goto, if, inline, int, long, mutable, namespace, new, operator, private, protected, public, register, reinterpret_cast, return, short, signed, sizeof, static, static_cast, struct, switch, template, this, throw, true, try, typedef, typeid, typename, union, unsigned, using, virtual, void, volatile, wchar_t, while


Tipe Data
Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 5 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2,5. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif.

Berikut ini adalah tipe data yang ada dalam C++:

No comments: